Our Blog

Gaul gak sih ikut Organisasi?


Gaul gak sih ikut Organisasi?
oleh Gigih Argosandya Mayanna
Teknik Industri 2011


Heiii sobat, di dalam lingkup kampus pastinya kita mengenal beragam organisasi dong? Ada organisasi kemahasiswaan, ada organisasi pecinta alam, organisasi pentas seni, study club dan masih banyak lagi .Terus manfaat ikut organisasi apa ya sobat? Kok sekarang Pemuda- pemudi Indonesia terkesan anti ya terhadap organisasi?  

  



Kebanyakan dari mereka beralasan kalau ikut organisasi bakal mengganggu konsentrasi kita dalam belajar. Padahal kalau kita pahami lebih dalam mengikuti organisasi itu malah membuat kita semakin giat belajar, dan kita pun mendapat pelajaran yang tidak kita dapatkan didalam pendidikan formal. Di dalam organisasi kita akan mendapat ilmu tentang kedisplinan, kepemimpinan, kemandirian, tanggung jawab dan yang pasti softskill kita akan terasah dan terarah dengan baik. Kita pun juga akan merasakan bagaimana sensasi dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam organisasi.  Pola pikir kita akan dituntut untuk mencari solusi terbaik.  Kita harus belajar menghargai pendapat orang lain dan menjadi pendengar yang baik.
Dulu sewaktu masih duduk di bangku SMA saya pernah mengikuti organisasi pramuka, pertama kali ikut sih cuma sekedar coba-coba biar rame aja. Namun setelah terlanjur basah di dalamnya malah keasyikan, terasa banget sensasinya, seru deh pokoknya. Saat ikut organisasi pramuka saya juga mendapat pengalaman yang baru pertama kali saya lakukan, saya sempat menjadi ketua panitia kegiatan, berpidato di depan orang banyak. Nah, berawal dari kegiatan-kegiatan itu kemampuan softskill saya mulai terasah, saya mulai mempunyai keberanian, keberanian berpendapat, mengkritik, berani tampil didepan deh pokoknya. Sempet juga saya mendapat ejekan dari sebagian teman saya, katanya organisasi itu tempat orang2 kuper, ga ada kerjaan. Lhoooohh, Bukannya kebalik yaa? Hehehe Justru disini kita banyak pekerjaan yang mampu menunjang kemampuan dan bakat kita untuk berkembang.  Ada salah satu ilmu nih yang saya dapat sewaktu ikut organisasi “ Jadilah seorang LEADER, bukan FOLLOWER”, tau kan maksudnya?? Hmmmmm . . . iya,, kita didalam organisasi ditempa untuk menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan bijaksana, bukan seorang pengikut yang tak tau arah.

Demikian sobat, banyak sekali keuntungan dalam berorganisasi. Manfaatkan wadah tersebut sebaik mungkin. Galilah potensi-potensi dalam diri kita. Anak gaul itu bukan dilihat dari apa yang dia pakai, apa yang dia punya tetapi kemampuan/softskill apa yang dia punya. Percuma juga kita ngaku gaul tapi apa-apa masih minta orang tua, coba dong mandiri !.
Semangat pemuda pemudi Indonesia !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KMTI UMS Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.