2 Team TI UMS Lolos LKTI UI - KMTI UMS

2 Team TI UMS Lolos LKTI UI

2 Team Teknik Industri UMS yang lolos LKTI UI, Team GEMAS (kiri) dan Team I.R.Y.T (kanan) 

Lomba Keilmuan Teknik Industri Universitas Indonesia (LKTI UI) adalah salah satu acara keilmuan teknik industri yang bergengsi yang diadakan oleh UI, dan bahkan yang paling bergengsi diantara kegiatan-kegiatan keteknik industrian lainnya. Karena pesertanya merata dipilih dari seluruh penjuru nusantara. Tema LKTI UI 2012 adalah “Green Manufactur”, dengan mengangkat tema tersebut, diharapkan para mahasiswa TI dapat memecahkan masalah-masalah yang terkait dengan “Green Manufactur”.
TI UMS pun ikut serta dalam acara yang bergengsi ini. Dan yang lebih bagusnya lagi, 2 team dari TI UMS dapat lolos dalam babak semifinal nasional dan berangkat ke Universitas Indonesia untuk mengikuti kompetisi selanjutnya. Team UMS tersebut yaitu GEMAS (Susi, Gea, Dimas dan Adit), dengan mengirimkan essay yang berjudul “Penerapan Limbah Batik dengan Metode Lean Manufacturing Menggunakan Adsorben Alami guna Mengurangi Waste dan Hasil Akhir yang Ramah Lingkungan”, dan team yang kedua yaitu I.R.Y.T (Ima, Rudi, Yusuf, dan Triyanto).
 Banyak sekali cerita-cerita yang terjadi dibalik lolosnya 2 team tersebut. “Persaingan membuat makalah untuk bisa lolos 25 besar di ui sangat berkesan sekali mengingat kesibukan praktikum dan kuliah serta waktu yang mepet juga. Namun, semua terbayar dengan mendapat kabar 2 tim ums yang lolos ke UI, mengalahkan puluhan dan mungkin ratusan tim dari berbagai universitas. Subhanallah, sangat luar biasa bagi saya bisa pergi ke "yellow jacket university", ujar yusuf bachtiar, salah satu anggota team tersebut.
“Kompetisinya sendiri sangat waw sekali, karena mencakup seluruh keilmuan teknik industri.Selama 2 hari mengasah pikiran, belajar sampai larut, berdebat ini itu sungguh sesuatu yang sangat luar biasa yang kami dapatkan di LKTI UI 2012", ungkap Yusuf.
Selama 2 hari mengikuti kompetisi tersebut tentu bukan hanya ilmu serta pengalaman yang didapatkan. “Saingan-saingan dari universitas lain akhirnya menjadi rekan-rekan yang luar biasa bagi kami. Bisa saling ngobrol dengan teman-teman mahasiswa dari univeristas sekelas ITB, UI, ITS, sungguh pengalaman yang tak terlupakan”, tambahnya.
Hari-hari menjelang LKTI UI, semakin banyak kejadian yang tak terlupakan. Mulai dari pembuatan makalahnya. “Untuk yang buat makalah, kita cuma  punya waktu 4 hari ( 2 hari nyari data dan 2 hari untuk ngerjain makalah),yang lucunya ketika hari-H batas pengumpulan makalah, ternyata kita baru ngerjain smpai landasan teori aja. Di hari terahir pengiriman makalah  itu juga, sekitar jam 16.30-18.00 bersama team ku "klesotan" di depan Kantor Jurusan yang udah tutup. Seru banget waktu itu karena harus selesai bab pembahasan hingga daftar pustaka dan harus dikirimm juga malem itu sebelum jam 12 malam”, cerita laki-laki berumur 21 tahun tersebut.
“Walaupun belum bisa menorehkan tinta emas untuk TI UMS di acara bergengsi itu, namun kelak pasti akan ada rekan-rekan TI UMS yang bisa mewujudkannya”, harap mahasiswa tersebut. Sudah sepatutnya kita bangga atas apa yang telah dicapai 2 team yang mewakili TI UMS tersebut. “Ucapan terima kasih kami tujukan kepada Ibu Siti Nandiroh yang telah memberikan bimbingan pada kami hingga kami dapat lolos kompetisi ini”,begitu ungkapnya.
Well, selamat kepada 2 team dari TI UMS yang telah membawa nama TI UMS di kompetisi tersebut. Semoga setelah mengikuti lomba tersebut dapat memberikan solusi permasalahan manufactur yang ada. Keep spirit Guys!!.
Disadur dari Tirai Edisi Juni 2012
                                              #Author Wahyu Yoga Utama '10
Tags: , ,
 

Kutipan

There is No Best Way but There is Always a Better Way

-Industrial Engineering
Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu akan menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) sedangkan harta terhukum. Kalau harta itu akan berkurang apabila dibelanjakan, tetapi ilmu akan bertambah apabila dibelanjakan.

-Ali bin Abi Thalib

Terbaru

Akun Resmi

Line: @jdu1915m ❖ Facebook: @UMS.KMTI
Instagram: @kmti_ums ❖ Twitter: @kmti_ums
Email: our.kmti@gmail.com
Hak Cipta Templateism © Informasi dan Multimedia Periode 2017